Beberapa Tips Memulai Bisnis Online dari Nol

Beberapa Tips Memulai Bisnis Online dari Nol – Disaat yang sudah mendesak seperti saat ini pasti semakin banyak dari kita yang akan melakukan sebuah bisnis baru yang dapat membantu keuangan kita sehari-hari.

Di tengah kemajuan teknologi digital, kamu bisa memulai bisnis kapan pun dan di mana pun. Oleh sebab itu, jangan takut untuk mencoba, dan harus terus berupaya. Semua bisnis, baik kecil maupun besar itu pasti memiliki tantangan. Makanya, jangan menyerah, ya.

Beberapa Tips Memulai Bisnis Online dari Nol

1. Menentukan barang atau jasa apa yang akan dijual
Tentunya untuk memulai business dari nol, kamu harus tahu produk apa yang akan dijual, baik barang maupun jasa. Apabila kamu sudah mengetahui produk apa yang akan dijual, maka selanjutnya kamu harus memahami produk yang akan kamu jual tersebut.

Kamu harus mengetahui detil produk yang akan kamu jual. Mulai dari produsennya (bagi reseller), bahan baku produk, kualitas, ketahanan produk, dan sebagainya. Pemahamanmu ini akan memudahkan kamu menjual produk ke calon pembeli.

2. Riset pasar
Riset pasar adalah kunci mendasar ketika kamu ingin memulai bisnis dari nol. Riset pasar maksudnya, kamu melakukan riset terhadap produk-produk yang dijual di pasar. Misalnya kamu mencari tahu produk apa saja yang laku di pasaran, atau kualitas seperti apa yang diinginkan pembeli, dan juga harga yang pantas.

Nah di era teknologi ini, kamu bisa dengan mudah melakukan riset pasar di platform-platform marketplace yang ada. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, Shopee, dan sebagainya.

Misalnya kamu sudah mengetahui produk apa yang kamu jual, kamu bisa mencari produk sejenis di platform-platform tersebut, lalu mengetahui harga, varian, atau kualitas apa yang diminati konsumen. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui ekspedisi apa yang paling diminati konsumen ketika berbelanja online.

 

3. Cari supplier terpercaya
Apabila kamu ingin berjualan online sebagai reseller atas produk tertentu, maka kamu harus mencari supplier yang terpercaya. Jika kamu ingin menjual produk buatan sendiri, kamu juga harus mencari supplier bahan baku yang terpercaya.

Nah, kamu juga bisa mencari supplier di platform marketplace. Mencari supplier langsung ke tempat-tempat produsen juga bisa. Jika kamu punya misi memberdayakan produsen lokal, maka kamu bisa mengunjungi daerah-daerah perajin, kemudian menjual produk-produk buatan perajin lokal di toko online miliki kamu.

 

4. Tetapkan nama brand atau toko yang menarik
Nah, kamu juga harus menetapkan nama brand atas produk yang akan kamu jual, atau nama toko online-mu yang menarik dan juga melekat di ingatan konsumen. Jangan sembarangan ya dalam memilih nama, karena nama juga menentukan citra bisnis itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin membeli minuman soda, tentunya kamu akan terpikir produk Coca Cola atau Pepsi. Kedua brand itu memiliki nama yang sudah melekat di ingatan konsumen. Konsumen di seluruh dunia tentunya sudah percaya dengan brand Cola Cola dan Pepsi, karena nama brand-nya juga mencerminkan citra yang dijaga selama puluhan tahun.

5. Membuat media sosial, situs web, dan lapak di e-commerce
Bukan bisnis online namanya apabila tak memiliki akun media sosial, situs web, maupun lapak di e-commerce. Sebagai pebisnis online, kamu wajib memiliki ketiganya. Perlu diketahui, membuat media sosial, situs web, dan lapak di e-commerce sudah sangat mudah dengan kemajuan teknologi.