Penyakit Yang Disebabkan Ayam Tiren

Penyakit Yang Disebabkan Ayam Tiren

chickenholic128.com Beberapa ayam yang bisa menyebabkan penyakit sangat berkompeten pabila tidak higienis. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Penyakit Yang Disebabkan Ayam Tiren Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Penyakit Yang Disebabkan Ayam Tiren

Penyakit akibat konsumsi daging ayam belum matang cukup berbahaya. Apalagi menilik ayam sebagai salah satu makanan favorit di Indonesia, kamu harus benar-benar memperhatikan apakah ayam telah digoreng sampai matang sempurna atau belum.Tidak seperti telur yang bisa dikonsumsi setengah matang, mengonsumsi ayam yang masih belum matang sepenuhnya ternyata justru membahayakan kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging ayam belum matang bisa menyebabkan kontaminasi berbagai jenis bakteri atau virus.Penyakit akibat konsumsi daging ayam belum matang harus dikenali ciri-cirinya. Jika daging ayam masih agak merah atau pink atau kamu agak ragu, jangan dimakan. Daging ayam matang warnanya putih hingga bagian dalamnya.Selain dari penampilan dagingnya, perhatikan juga tekstur dagingnya. Bila daging ayam terasa kenyal, alot, dan sulit dikunyah, berarti masaknya belum matang. Daging ayam matang harusnya terasa lembut, berserat, dan mudah dikunyah.

Flu Burung
Penyakit akibat konsumsi daging ayam belum matang pertama adalah flu burung. Penyakit ini cukup terkenal dan sempat beberapa kali menjangkiti berbagai wilayah di Indonesia. Virus yang jadi penyebab flu burung disebut dengan virus H5N1.Virus H5N1 yang hidup dalam tubuh ayam serta unggas lainnya ini bisa ditularkan pada manusia. Apalagi kalau kamu mengonsumsi daging ayam belum matang yang sudah terjangkit flu burung.Biasanya orang yang menderita flu burung akan mengalami tanda-tanda seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, hidung berair, sulit bernapas, diare, hingga nyeri otot. Jika tidak segera diobati, virus ini bisa menyebabkan kematian.Menurut rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), memasak ayam hingga suhu dagingnya mencapai 74 derajat Celsius mampu membunuh virus H5N1. Akan tetapi, meski sudah dimasak sempurna, sebaiknya jangan mengonsumsi daging ayam dari peternakan yang terjangkit flu burung.

Sindrom Guillain-Barre
Disebabkan oleh infeksi bakteri, penyakit akibat konsumsi daging ayam belum matang selanjutnya adalah Sindrom Guillain-Barre. Bakteri yang dimaksud adalah Campylobacter yang mungkin hidup di dalam daging ayam.Penyakit yang satu ini bisa mengakibatkan lemah otot hingga kelumpuhan. Jika tidak ditangani, kelumpuhan bisa menyebar ke seluruh tubuh hingga kamu harus bernapas menggunakan alat bantu.Sindrom Guillain-Barre ini sangat berbahaya, karena itu harus segera ditangani di rumah sakit secepatnya jika kamu mengalami berbagai gejalanya. Beberapa gejala yang bisa diketahui yaitu gatal pada tangan dan kaki, sulit bernapas, sulit menelan, sulit bergerak, nyeri otot, tekanan darah rendah, hingga detak jantung tak beraturan.

Baca Juga : Abis Operasi Gak Boleh Makan Ayam

Demam Tifoid atau Tipes
Berikunya, kamu juga bisa menderita penyakit tipes jika mengonsumsi daging ayam belum matang. Penyakit tipes atau demam tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini juga hidup dan berkembang biak di dalam tubuh ayam ternak.Hal ini biasanya disebabkan karena orang atau pedagang ayam yang sudah terkontaminasi bakteri ini menyentuh ayam yang kamu beli. Sehingga ayam tersebut akhirnya tertular bakteri tersebut.Tanda-tanda demam tifoid biasanya adalah demam tinggi, nyeri otot, sakit perut, mual, lemas, hingga kehilangan nafsu makan. Biasanya berbagai gejala tersebut baru muncul beberapa hari hingga dua minggu setelah kamu mengonsumsi daging ayam belum matang tersebut.Bila terkena penyakit tipes, kamu mungkin harus dirawat di rumah sakit. Apalagi kalau mengalami berbagai gejala yang cukup parah seperti diare, perdarahan, atau gangguan pencernaan serius. Jika tidak segera ditangani, penyakit tipes bisa menyebabkan kematian.

Gastroenteritis
Penyakit akibat konsumsi daging ayam belum matang selanjutnya adalah Gastroenteritis. Gastroenteritis adalah istilah medis untuk flu perut. Flu perut sendiri merupakan peradangan lambung atau usus karena infeksi.Penyakit ini biasanya ditemukan setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. Mengonsumsi daging ayam belum mayang juga bisa menyebabkan penyakit flu perut ini.Gejala yang biasanya muncul adalah sakit perut, diare, muntah, demam, menggigil, dan dehidrasi. Biasanya gejala-gejala tersebut akan muncul dalam waktu 1-3 hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Abis Operasi Gak Boleh Makan Ayam

Abis Operasi Gak Boleh Makan Ayam

chickenholic128.com Mitos atau fakta sih gak boleh makan ayam setelah operasi ? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Abis Operasi Gak Boleh Makan Ayam. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Abis Operasi Gak Boleh Makan Ayam

Pasien yang baru saja selesai dioperasi tidak pantang mengonsumsi ayam maupun makanan laut. Kedua makanan itu justru berguna untuk proses penyembuhan luka karena sayatan.Pakar diet dari Sengkang General Hospital (SKH), Singapura, Chan Ya Ling sering mendapat keluhan dari para pasien mengenai pantangan (makanan) yang harus dilakukan setelah operasi.

Chan Ya Ling bisa memahami kondisi ini, karena sebagian pasien menyebutkan dalam pengobatan tradisional Cina, bahan makanan seperti ayam, ikan, udang, dan beberapa jenis lain bisa memengaruhi penyembuhan luka.Namun, ilmu kedokteran yang ada sekarang justru punya pemahaman yang berbeda. Menurut Chan, ayam dan makanan laut merupakan sumber protein bagus untuk memulihkan kondisi tubuh, termasuk penyembuhan luka setelah operasi.”Proses pembedahan (operasi) membuat tubuh kita stres, asupan nutrisi berkurang, kekebalan tubuh melemah, dan meningkatkan risiko infeksi,”kata Chan dikutip dari Singapore Health Change

Namun kenyataanya ayam tidak akan bisa mengganggu proses regenerasi setelah operasi,justru protein yang terkandung dalam ayam bisa membantu mempercepat sistem regenari setelah operasi.

Baca Juga : Mitos Ayam Berkokok Di Malam Hari

Makan Seimbang Setelah Operasi
Kata Chan, pola makan makanan sehat dan seimbang dengan berbagai jenis makanan memungkinan tubuh cepat pulih dari sakit. Chan menyarankan agar mereka yang dalam kondisi lemah usai operasi tetap konsultasi dengan ahli diet.Berikut makanan sumber protein yang direkomendasikan Chan agar Anda konsumsi seusai menjalani operasi kecil maupun besar, antara lain : ikan, babi, daging, domba, putih telur, tahu, dan kacang.

Mitos Ayam Berkokok Di Malam Hari

Mitos Ayam Berkokok Di Malam Hari

chickenholic128.com Pernah mendengar ayam berkokok malam hari ? Orang Indonesia memang tidak pernah lepas dari yang namanya mendengar mitos dan mengikutinya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Mitos Ayam Berkokok Di Malam Hari Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Mitos Ayam Berkokok Di Malam Hari

Indonesia dikenal dengan berbagai budaya dan kepercayaan yang dianut.Mitos atau pertanda yang diberikan dari binatang ataupun alam masih sangat dipercaya dan dipegang teguh oleh sebagian masyarakat Indonesia.Misalnya saja, ayam yang berkokok pada malam hari. Jika zaman dahulu para orangtua akan percaya jika hal tersebut merupakan pertanda ada anak gadis (tak bersuami) sedang hamil.Namun manusia modern memiliki keterangan lain, yakni pertanda cuaca keesokan harinya.

Menurut Ir. Yusmichad Yusdja, ayam merupakan peramal cuaca yang ulung. Jadi jika di malam kelam ada ayam jago yang berkokok itu menandakan matahari akan segan muncul keesokan harinya.Sedangkan jika ada angsa yang tidur dengan kaki sebelah, maka menandakan jika esok akan turun hujan. Bebek pun bisa meramal cuaca.Setiap pagi biasanya kawanan bebek pergi bergegas, sambil berbunyi kwak-kwik-kwek.Ramai sekali. Tetapi jika pagi itu mereka enggan pergi, tandanya cuaca bakal mendung.

Ayam jago lebih pintar.
Jika esok matahari segan muncul, pukul satu malam kokoknya menggelegar. Tetapi jika ia berkokok menjelang pagi, tandanya cuaca bakal cerah sekali.Burung-burung bernyanyi, bebek bepergian, telur melimpah dan sang jago rajin menikah.

Mon kadi dan mon bidan
Ada hormon berahi pada ayam jantan, namanya mon kadi, sedangkan pada ayam betina namanya mon bidan. Jika mon ini bekerja, pejantan jadi seronok, yang betina rajin bertelur.Namun untuk menggiatkan mon kadi dan mon bidan, perlu cahaya terang matahari.Mula-mula cahaya terang akan menyengat mata. Mata mengirimkan sengatan ke tempat mon. Letaknya persis di belakang mata, dalam rongga kepala.Mon seperti mendapat semangat, lalu bekerja. Itulah sebabnya mengapa kandang ayam harus terang, tidak suram.

Baca Juga : Kenapa Ayam Goreng Enak

Kalau kandang tidak terang, berarti tidak ada telur.Kalau hujan turun berhari-hari dan matahari bersembunyi, dijamin ayam tidak bertelur.Tak heran, pada musim hujan harga telur selalu mahal.Jika cahaya terang cukup, ayam akan bertelur setiap 26 jam sekali dan beristirahat sehari.Biasanya mereka bertelur antara pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang.Kalau hari ini bertelur pukul 6, besoknya pukul 8.Esoknya pukul 10, esoknya lagi pukul 12 siang.Esoknya istirahat. Esok berikutnya mulai lagi pukul 6 pagi dan seterusnya.Rumusnya 4-1-4-1-4 dan selanjutnya. Satu bulan mereka bertelur 24 butir, istirahat 6 hari.Celakanya, sekalipun cahaya terang cukup, ayam enggan bertelur sebelum makan pagi. Jika karyawan masuk kandang pukul 8 pagi, sekitar pukul 9 ia selesai memberi makan 1.000 ekor.

Maka ayam bertelur pukul 10. Esoknya pukul 12. Esoknya istirahat.Rumusnya 2-1-2-1 dan seterusnya. Satu bulan mereka bertelur 20 butir. Istirahat 10 hari. Kamu kehilangan 50.000 butir telur setahun. Atau 2,5 ton.Ah, betapa malangnya! Hanya gara-gara terlambat sarapan. Apalagi jika cahaya terang tidak cukup. Kamu bangkrut.Jika malam ayam jago berkeruyuk, ini ulahnya mon kadi. Ia peka terhadap perubahan cuaca.Jika esok matahari terik, di malam hari mon kadi telah merasakan kehangatan udara. Berahi sang jago bangkit. Dia pun berkokok ceria, sebagai tanda bagi istri-istrinya.Itulah sebabnya, semakin siang sang jago berkeruyuk semakin bakal buruklah cuaca esok harinya.

Kenapa Ayam Goreng Enak

Kenapa Ayam Goreng Enak

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Kenapa Ayam Goreng Enak. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Kenapa Ayam Goreng Enak

Siapa tidak suka ayam goreng? Makanan sejuta umat ini hampir tak pernah absen dari meja makan kita karena rasanya memang amat lezat. Kenapa, ya ayam goreng bisa punya rasa yang nikmat seperti itu? Baru-baru ini para ilmuwan mengungkapnya.Reaksi kimia dalam pembuatan ayam goreng telah diungkap oleh para ilmuwan. Dalam sebuah video berjudul ‘Fried Chicken’s Deliciousness, Explained’, para ahli dari American Chemical Society menjelaskan mengapa menggoreng ayam dengan minyak panas menghasilkan rasa yang unik .

Ilmuwan juga menggunakan pengetahuan mereka tentang kimia untuk menjelaskan mengapa memasak ayam goreng terkadang bisa mengeluarkan bau amis aneh.Dalam video tersebut, para ahli menjelaskan setelah daging ayam yang telah diberi bumbu sebaiknya digoreng pada suhu 150 sampai 190 ° C (302 ° F sampai 374 ° F).Suhu ini menyebabkan minyak menghasilkan bahan kimia yang dikenal sebagai trigliserida.”Ini adalah komponen utama lemak tubuh manusia sehingga ayam goreng bukanlah makanan yang sehat untuk piknik,” kata para ilmuwan.”Tapi, kita akan mendapatkan rasa yang enak di lidah.”

Ayam yang digoreng biasanya akan mengeluarkan banyak gelembung kecil saat api sudah menyala. Proses ini disebut ‘rapid fire bubbles’ terbentuk ketika air telah keluar dari sel pada daging ayam. Gelembung tersebut menutup agar tidak terlalu banyak minyak yang masuk pada daging ayam goreng.”Proses ini sangat penting karena akan mengeluarkan air dari daging sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa ” kata ilmuwan.Sedangkan terkadang ada bau amis yang keluar dari daging ayam adalah proses oksidasi yaitu saat makanan bereaksi dengan oksigen di udara, kata para ahli.

Baca Juga : Merek Ayam Goreng Terbaik Indonesia

Senyawa volatil yang dihasilkan oleh oksidasi asam lemak meliputi aldehida dan asam karboksilat, yang keduanya memiliki aroma pedas.”Fluktuatif ini bisa menghilangkan aroma lezat pada ayam sehingga menjadi bau amis,” kata para ilmuwan.Untuk mengatasi hal ini, pada saat menggoreng ayam harusnya menggunakan minyak yang banyak hingga seluruh bagian daging ayam terendam. Ini akan mengurangi jumlah oksigen yang bisa mencapai daging, yang berarti lebih sedikit oksidasi akan terjadi.Dan juga dengan secara teratur mengganti minyak goreng dengan yang baru akan menghasilkan ayam goreng yang lezat.

Merek Ayam Goreng Terbaik Indonesia

Merek Ayam Goreng Terbaik Indonesia

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Merek Ayam Goreng Terbaik Indonesia. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Merek Ayam Goreng Terbaik Indonesia

Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam yang dicampur dengan tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng. Menu ini menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.Rasanya yang nikmat dan cara pengolahannya yang mudah membuatnya sangat digemari. Tidak heran jika berbagai merek Fried Chicken menjamur, menjual aneka varian

1. Hisana Fried Chicken
Produk ayam goreng krispi satu ini didirikan Tatang Suharta sebagai usaha keluarga. Hisana Fried Chicken telah berdiri kurang lebih selama 6 tahun dan telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.Rasa dan aroma produk ayam ini benar-benar akan menggugah selera makanmu!

2. Toby’s Fried Chicken & Resto
Dengan logonya yang lucu, harga produk satu ini sangat terjangkau! Rasanya juga enak, kulit ayamnya renyah dan dagingnya pun empuk. Gak kalah rasa sama McD kok!

3. Quick Chicken
Tak hanya ayam goreng krispi biasa yang disajikan merek ini. Ada pula menu American Kremes dan American Penyet yang bumbunya Indonesia banget! Enak, nih!

4. California Fried Chicken
Siapa yang mengira produk ini berasal dari Amerika? Meski menggunakan “California” sebagai nama produknya, ayam goreng ini produk lokal lho. Bahkan, produk ini sudah berdiri di Indonesia sejak 1983.

Baca Juga : Ayam Jepang Ekornya Dari Tokyo Sampe Hiroshima

5. C’Best Fried Chicken
Pernah mampir di salah satu outlet C’Best? Menurut kamu, gimana rasa dari ayam goreng krispinya?Enak, renyah dan bumbunya sedap banget kan? Nggak kalah sama merek internasional kan?!

6. Richeese Factory
Kaget? Atau kamu sudah tahu kalau produk ini asli Indonesia? Dibuka pertama kali pada 2011, produk satu ini berbeda dari yang lainnya.Segala macam ayam goreng akan disajikan dengan saus keju yang enak banget. Saus kejunya favorit! Itu dia beberapa produk ayam goreng krispi lokal yang gak kalah rasa dengan produk luar! Favoritmu yang mana nih?

Ayam Jepang Ekornya Dari Tokyo Sampe Hiroshima

Ayam Jepang Ekornya Dari Tokyo Sampe Hiroshima

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Ayam jepang Ekornya Dari Tokyo Sampe Hiroshima. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Ayam Jepang Ekornya Dari Tokyo Sampe Hiroshima

Keistimewaan ayam jepang ini dari bulu ekor yang bisa panjang hingga belasan meter, bahkan di Jepang ada Onagadori yang mampu mempunyai ekor hingga panjangnya 13 Meter. Telur ayam ini di negara aslinya tidak boleh keluar bahkan dilindungi karena jenis ayam ini Memang sangat langka dan hampir punah.Meskipun perawatan ayam Jepang tidak susah, namun perlu diperhatikan lingkungan sekitar supaya ayam ini tidak tarung dengan ayam lain yang bisa merusak ekornya. Butuh waktu minimal tiga tahun untuk bisa mencapai panjang ekor 1 meter lebih.

Ada sedikit perbedaan dalam memelihara ayam Onagadori jantan dengan ayam jenis biasa. Misalnya, kandang harus ditempatkan secara khusus. Kandang ayam onagadori harus sempit menyerupai lemari supaya ayam tak banyak bergerak dan merusak ekor. Bagi para pencinta onagadori jantan, keindahan ekor ayam itu ternyata lebih penting. Kandang yang sempit berdampak buruk yakni jalan sang ayam menjadi tertatih-tatih.

Baca Juga : Perawatan Ayam Bangkok

Secara genetik, kesehatan onagadori sangat rentan penyakit dan lemah akibat perkawinan antar kerabat dekat. Onagadori setiap hari dapat diberi pakan ayam yakni campuran beras merah dan jagung. Semula, onagadori harus berada dalam suhu dingin. Bahkan kini sudah ada onagadori yang dapat hidup dalam suhu kamar tanpa pendingin ruangan. Di Taman Burung TMII, onagadori terus dikembangbiakkan dalam sebuah penangkaran yang ditetaskan dalam inkubator telur. Harga ayam onagadori masih tergolong tinggi di kelas ayam hias, peternak pun masih jarang sehingga ayam onagadori masih memiliki prospek tinggi untuk diternakan.

Perawatan Ayam Bangkok

Perawatan Ayam Bangkok

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Perawatan Ayam Bangkok. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Perawatan Ayam Bangkok

Di kalangan komunitas pecinta ayam jago di Indonsia, nama ayam bangkok sudah tidak asing lagi, bahkan menjadi favorit. Namun, tidak semuanya menguasai cara merawat ayam bangkok yang benar. Padahal, perawatan ayam sejak muda menentukan kualitas ayam setelah dewasa.

Sebenarnya, setiap orang bisa memiliki tips dan trik tersendiri dalam merawat ayam bangkok miliknya. Namun, ada beberapa hal penting yang wajib dilakukan agar ayam bangkok piaraan Anda tumbuh menjadi ayam berkualitas juara.

Penggunaan Kandang yang Cocok
Cara merawat ayam Bangkok yang tepat tidak boleh mengabaikan kesesuaian kandang dengan usia ayam. Anda harus mempersiapkan kandang yang berbeda untuk anak ayam dan indukannya. Kandang keduanya harus dipisah karena perawatannya pun tidak sama.Bibit yang baru menetas sebaiknya ditempatkan di kandang yang dilengkapi lampu agar suhu tetap hangat. Hal ini penting dilakukan karena anak ayam di usia 1-3 hari masih sangat rentan mati. Anda bisa menggunakan boks yang diberi lampu kecil berdaya kira-kira 5 watt.Setelah mencapai umur 2 bulan, pindahkan ayam ke kandang sendiri yang lebih besar. Kandang harus dibersihkan setiap hari. Selain di kandang, ayam juga sudah bisa diperbolehkan mandi tanah agar tulangnya tumbuh dengan baik dan ayam terbiasa dengan lingkungannya.

Jenis dan Cara Pemberian Pakan
Dalam perawatan hewan ternak, pemberian pakan adalah hal yang paling penting diperhatikan, termasuk dalam cara merawat ayam. Selain berfungsi sebagai sumber energi, jenis pakan ayam Bangkok juga akan berpengaruh pada tingkah laku dan performa ayam.

Cara memberikan pakan yang baik harus mengikuti beberapa hal berikut:

  1. Sesuaikan takaran pakan dengan berat badan ayam. Sebagai contoh, ayam dengan bobot 3-4 kilogram membutuhkan pakan sebanyak 200-300 gram setiap kali waktu makan (bukan dalam sehari).
  2. Jenis pakan juga harus disesuaikan dengan usia ayam. Ayam yang masih muda tentu membutuhkan pakan yang berbeda dengan ayam dewasa. Jenis pakan yang tepat sesuai usia ayam adalah: Ayam yang baru menetas: sampai usia 2 hari, ayam cukup beri air minum, setelah itu berikan campuran pur dan bekatul dengan perbandingan 4:1.Usia 3 bulan: voer 592 dan minuman yang diganti setiap hari.Usia di atas 3-6 bulan: voer 594 dan bisa dicampur nasi putih. Berikan juga tambahan berupa susu karena kandungan protein, mineral, dan vitaminnya susu sangat baik untuk pertumbuhan anakan ayam.Usia di atas 6 bulan: kombinasikan pakan agar kebutuhan zat gizinya tercukupi dengan baik sehingga ayam akan memiliki tubuh yang ideal dan kecerdasannya pun meningkat.Berikan suplemen dan vitamin tambahan sejak ayam berusia 1 bulan. Lakukan di malam hari karena saat itu, kondisi ayam sedang tenang sehingga proses penyerapan oleh tubuh berjalan dengan sempurna.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Tepung

Cara Memandikan Ayam Bangkok

Untuk menjaga ayam tetap bersih dan terhindar dari penyakit, selain kandangnya dibersihkan setiap hari, ayam juga perlu dimandikan. Memandikan ayam juga akan membuat penampilan ayam, khususnya ayam Bangkok super, jadi lebih menarik dan performanya lebih baik.

Cara merawat ayam Bangkok dengan memandikannya pun tidak bisa dilakukan asal-asalan, harus dilakukan dengan cara yang benar, yaitu:

  1. Pegang ayam, tenangkan, lalu basuh bagian kepalanya menggunakan spons basah.
  2. Siramkan air secara perlahan ke bagian leher hingga tengkuk, lalu lap dengan handuk kering agar bulu di leher tidak banyak mengandung karena bisa merusak warnanya.
  3. Bersihkan daerah kloaka sampai benar-benar bersih.
  4. Basuh bagian sayap, ketiak, dan kaki, lalu keringkan dengan handuk bersih.
  5. Bersihkan dubur ayam.
  6. Waktu terbaik untuk memandikan ayam adalah setiap pukul delapan pagi, kecuali saat hujan. Gunakan air bersih dari sumur, jangan gunakan sabun dan air hangat karena bisa merusak bulu.

Resep Ayam Goreng Tepung

Resep Ayam Goreng Tepung

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Resep Ayam Goreng Tepung. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Resep Ayam Goreng Tepung

Inilah resep ayam goreng tepung dengan cara praktis yang bisa Anda coba untuk membuat olahan daging ayam yang “kriuk” dengan sensasi krispi dan lezat. Daging ayam memang bisa dibuat menjadi berbagai macam masakan. Salah satu olahan yang cukup enak untuk dicoba adalah olahan ayam tepung. Menu ini banyak diminati karena rasanya yang unik dan bumbunya yang bisa terasa tajam. Banyak orang yang gemar dengan menu masakan ini. Ada juga yang menjadikan menu ayam ini sebagai salah satu bahan bisnis kuliner yang baik. Penggemar ayam krispi semacam ini tentunya bisa mencoba membuatnya sendiri. Caranya sebenarnya tidak sesulit yang Anda kira. Variasi dari menu ayam tepung ini bisa dikreasikan sesuai dengan cara Anda. Entah itu dengan tambahan rasa pedas, manis dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba membuatnya dengan langkah praktis yang ada pada posting kali ini.

Membuat ayam tepung goreng ini cukup praktis. Anda cukup menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan baik. Yang perlu diperhatikan adalah proses pada saat pencampuran ayam dengan bumbu-bumbu ayam goreng tepung. Proses peresapan bumbu memang perlu diperhatikan. Ini adalah kunci untuk membuat ayam terasa lebih nikmat karena bumbu yang meresap baik ke dalam daging ayam dan juga tepung selimutnya. Caranya yaitu dengan menghaluskan bahan-bahan untuk tepung kemudian menunggunya beberapa saat. Daging ayam dipotong dengan memberikan alur celah supaya bumbu bisa masuk ke dalam daging dengan lebih baik. Saat menggulingkan daging ayam pada adonan tepung, Anda bisa memastikannya sudah masuk dengan optimal. Rasa daging ayam akan lebih terasa dengan tekstur renyah yang menggoda. Simak langkah lebih rinci untuk resep ayam goreng tepung di bawah ini.

Bahan-bahan Bumbu dan Tepung untuk Resep Ayam Goreng Tepung Renyah

  • Siapkan daging ayam, potong-potong menjadi beberapa bagian.
  • 5 siung bawang putih, haluskan dengan baik.
  • Garam yang digunakan cukup satu sendok makan.
  • Untuk menambah rasa lebih tajam, gunakan setengah sendok teh merica bubuk
  • Jangan lupa minyak untuk menggoreng ayam.
  • Untuk adonan tepung, persiapkan 300 gram tepung kanji.
  • Adonan tambahan lain yaitu dengan menggunakan 150 gram tepung terigu protein tinggi.
  • Siapkan pula setengah sendok teh baking powder
  • Untuk rasa tepung yang juga tajam, persiapkan setengah sendok teh merica bubuk lagi (khusus untuk adonan tepung)
  • Setengah sendok teh bawang putih bubuk juga diperlukan untuk adonan tepung.
  • Garam untuk citra rasa umami sebanyak satu sendok teh

Baca Juga : Resep Sate Ayam Khas Madura

Langkah-langkah Pembuatan Resep Ayam Goreng Tepung Praktis

  1. Langkah pertama yaitu dengan mempersiapkan bumbu untuk daging ayam. Tumbuk halus dan campurkan bahan-bahan bumbu di antaranya bawang putih, garam dan merica bubuk. Campurkan ke dalam air sehingga menjadi bumbu yang siap untuk dipakai pada daging ayam.
  2. Selanjutnya, lumuri daging ayam menggunakan bumbu tersebut. Diamkan beberapa saat supaya bumbu tadi meresap dengan baik ke dalam serat daging ayam. Anda mungkin bisa membuat alur pada daging ayam supaya bumbu bisa meresap maksimal.
  3. Sekarang, gulingkan daging ayam ke dalam tepung kanji. Setelah tepung kanji menyelimuti daging ayam, celupkan ke dalam air es.
  4. Setelah tepung kanji menempel pada daging ayam, selanjutnya gulingkan daging ayam tersebut ke adonan tepung terigu. Ingat, pastikan adonan ini sudah dicampur dengan aking powder, garam, bawang putih bubuk dan merica. Aduk menggunakan tangan sehingga adonan menggumpal pada daging ayam.
  5. Celupkan kembali adonan ini ke air es. Lakukan penggulingan daging ayam lagi pada adonan tepung sehingga adonan benar-benar menempel dengan baik.
  6. Langkah terakhir, goreng ayam dengan minyak goreng hingga matang.

Resep Sate Ayam Khas Madura

Resep Sate Ayam Khas Madura

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Resep Sate Ayam Khas Madura. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Resep Sate Ayam Khas Madura

Sebagian besar orang Indonesia mungkin sudah mengenal bahkan mencicipi hidangan sate. Ya, sate memang menjadi salah satu kuliner khas dari negara ini. Namun, tentu saja, sate yang ada di Indonesia cukup beragam mulai dari sate Madura, sate Ponorogo, sate Padang, sate lilit khas Bali, ataupun beberapa olahan menu sate dari berbagai daerah lainnya. Tiap hidangan sate biasanya memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yang menjadikan penikmatnya bisa mengetahui hidangan sate yang dikonsumsi merupakan sate dari daerah mana. Dan, kali ini, kita akan membahas salah satu kuliner dan olahan sate dari Madura.

Bila Anda juga tertarik untuk mencoba sate khas Madura yang nikmat dan spesial ini, Anda tak perlu jauh-jauh mencari warung sate yang menyediakan menu ini. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah Anda. Anda tak perlu khawatir karena untuk membuat sate khas Madura tidak membutuhkan suatu pengalaman khusus karena cara mengolah Resep Sate Khas Madura bisa dibilang cukup mudah. Hanya saja, dalam membuat sate, salah stau yang perlu diperhatikan adalah cara dan proses pembakaran sate. Bila Anda salah dalam proses pembakaran sate, maka sate yang Anda buat akan kurang nikmat.

Kali ini kita akan menyajikan Resep Sate Khas Madura dengan bahan utama dari daging ayam. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya.

Bahan untuk Membuat Sate Khas Madura,
Untuk membuat sate ayam khas Madura, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa bahan berikut ini:
Daging ayam setengah kilogram, cuci bersih dan ambil dagingnya saja, potong dadu ataupun kotak kecil-kecil
Tusuk sate secukupnya, kurang lebih 20 buah
Jeruk nipis satu buah, belah menjadi dua bagian
Nasi putih atau lontong

Baca Juga :Resep Ayam Pop Sehat Enak

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan antara lain adalah:
Kacang tanah sebanyak 150 gram, goreng hingga matang
Bawang merah sebanyak tiga butir
Bawang putih sebanyak 4 siung
Kecap manis sebanyak dua sendok makan atau bisa ditambahkan sesuai dengan selera, untuk campuran bumbu kacang
Kecap manis sebanyak dua sendok makan atau sesuai selera, untuk penyajian
Gula merah yang disisir tipis sebanyak dua sendok teh
Kemiri dua butir
Air kaldu ayam sebanyak 150 ml
Garam secukupnya
Minyak goreng sebanyak tiga sendok makan

Resep Ayam Pop Sehat Enak

Resep Ayam Pop Sehat Enak

chickenholic128.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Resep Ayam Pop Sehat Enak. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Resep Ayam Pop Sehat Enak

Olahan ayam sangatlah beragam dan bervariasi. Hampir setiap daerah memiliki olahan tersendiri dan salah satu yang cukup populer adalah ayam pop. Olahan ayam pop merupakan salah satu makanan yang berasal dari Sumatera Barat atau lebih tepatnya lagi kota Padang. Oleh karena itu, tidak heran bila makanan yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai restauran Padang ataupun rumah makan Minang. Rasanya yang gurih dan kaya akan bumbu serta dagingnya yang lembut merupakan salah satu ciri khas dari makanan ini. Ayam pop juga sering disajikan bersama dengan sambal yang pastinya akan menambah selera makan Anda.

Olahan ayam yang satu ini cocok disajikan kapan saja baik pagi, siang ataupun malam, atau bisa juga disajikan pada hari istimewa. Buat Anda yang ingin menikmati masakan ini tanpa harus repot-repot pergi ke rumah makan Padang, maka berikut ini kami sajikan resep ayam pop yang cukup mudah untuk Anda ikuti. Anda bisa membuat masakan ini di rumah dan hasilnya pasti tidak akan kalah lezat dibandingkan dengan yang ada di restauran.

Baca Juga :Resep Nugget Ayam Sehat Segar

Bahan-bahan membuat ayam pop:
1 ekor ayam kampung. Ayam ini perlu dibersihkan terlebih dahulu kemudian di potong-potong sesuai selera. Ayam kampung rasanya lebih sedap dan lebih gurih dibandingkan ayam potong sehingga lebih cocok untuk dibuat menjadi ayam pop
2 lembar daun jeruk. Bagian urat daun jeruk yang berada persis di bagian tengah daun dibuang sehingga aroma daun jeruk akan lebih keluar
2 lembar daun salam
2 batang serai. Batang serai ini kemudian digeprek untuk lebih mengeluarkan rasa dan aromanya
600 ml air kelapa
1 ruas jahe sepanjang sekitar 4 cm, kemudian digeprek
1 ruas lengkuas sepanjang sekitar 4 cm, kemudian digeprek
1 buah jeruk nipis
Kaldu bubuk atau penyedap rasa sesuai selera
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 butir kemiri yang sudah disangrai sebelumnya
Garam secukupnya

Bahan untuk Sambal
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
1 buah tomat
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Kaldu bubuk atau penyedap secukupnya
Gula pasir secukupnya
Air untuk merebus
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat ayam pop
Untuk menghilangkan bau amis pada ayam kampung, lumuri terlebih dahulu dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit
Cuci dan bersihkan ayam, kemudian lumuri dengan bumbu halus dan biarkan selama 1 jam agar bumbu meresap hingga ke dalam
Siapkan sebuah panci atau wajan berukuran cukup besar yang bisa menampung ayam tersebut. Masukkan air kelapa, daun jeruk, daun salam, serai, jahe, lengkuas, garam, kaldu bubuk atau penyedap dan tidak lupa pula ayam yang telah dilumuri bumbu halus tadi.
Ayam beserta bumbu-bumbu ini kemudian dimasak hingga bumbu benar-benar menyerap serta air rebusan hampir habis. Setelah air rebusan mengering, matikan api, keluarkan ayam dari dalam panci kemudian tiriskan
Langkah selanjutnya adalah menggoreng ayam tersebut. Siapkan wajan penggorengan kemudian masukkan minyak goreng secukupnya.
Setelah minyak panas, masukkan ayam. Potongan-potongan ayam tadi hanya perlu digoreng sebentar saja sambil dibolak-balik.
Setelah digoreng, ayam diangkat, tiriskan dan siap disajikan bersama dengan sambal dan nasi putih hangat.
Untuk membuat sambalnya, semua bahan sambal kecuali gula, garam dan kaldu atau penyedap tadi direbus hingga layu. Kemudian bahan-bahan tersebut diulek hingga halus. Setelah itu, bumbu halus tadi ditumis dengan minyak secukupnya hingga harum. Agar rasanya lebih sedap, tambahkan sedikit air, gula, garam dan kaldu atau penyedap rasa, masak hingga mengental kemudian angkat
Cukup mudah bukan resep ayam pop tersebut. Bahan-bahan yang dipergunakan dapat dengan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun modern. Untuk sambalnya sendiri, Anda bebas untuk menambahkan atau mengurangi jumlah cabe yang dipergunakan sesuai dengan selera Anda. Masih banyak lagi resep-resep olahan ayam lainnya yang bisa Anda coba. Selamat mencoba!