Sejarah Ayam Mangon Thailand Yang Siap Diadu

Sejarah Ayam Mangon Thailand Yang Siap Diadu

chickenholic128.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Sejarah Ayam Mangon Thailand Yang Siap Diadu. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Sejarah Ayam Mangon Thailand Yang Siap Diadu

Setiap ayam petarung pasti memiliki kelebihan tersendiri, seperti halnya Kelebihan Ayam Mangon Thailand Dalam Pertandingan. Ayam Magon Thailand dapat bertarung dengan lincah jika sudah disertakan pada arena sabung ayam.Jenis ayam ini memang banyak dicari oleh para pecinta ayam petarung. Karena jenis ayam mangon memiliki kelebihan berupa kekuatan pukul yang berasal dari kecepatan yang dimilikinya, berbeda sekali dengan ayam aduan lain.

Kelebihan Ayam Mangon Thailand ini membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai andalan saat mengikuti sabung ayam. Ayam mangon merupakan hasil silangan antara ayam pama dan ayam Saigon. Ayam pama merupakan salah satu ayam yang dapat mengalahkan ayam bangkok. Sedangkan ayam saigon merupakan salah satu ayam petarung terbaik didunia. Jadi tak heran jika ayam magon ini sangat kuat mengingat indukannya merupakan ayam ayam terkemuka didunia.

Ayam Magon mendapatkan gaya tarung dari indukannya ayam pama. Karena itu ia bertarung dengan sangat cepat dan tidak pernah membiarkan lawan mendekatinya. Terkadang saat bertanding ayam ini terlihat kabur dari lawannya. Namun sebenarnya ia bukan kabur ia hanya ingin ayam lawan mengejarnya hingga kehabisan nafas. Setelah ayam aduan lawan kelelahan ia akan langsung menghajar lawannya hingga K.O.

Akurasi pukulan yang dilancarkan oleh ayam magon thailand juga sangat akurat. Pukulannya sering menghantam bagian bagian fatal ayam lawan. Namun bedanya adalah kekuatan pukulan ayam magon ini jauh lebih keras dari ayam pama. Kekuatan pukulan ini diturunkan dari ayam saigon yang terkenal akan postur tubuh yang tegap dan besar. Inilah Alasan – alasan yang membuat ayam magon thailand sangat kuat saat bertarung diarena sabung ayam.

Baca Juga : Sejarah Ayam Asik Di Bikin Betutu

Ciri-ciri Ayam Mangon Thailand
Ayam Mangon merupakan Trah ayam yang berasal ari kepulauan Mangon ( Formosa ) . Merupakan ayam dengan postur tinggi nan atletis dengan ukuran Tinggi hingga 75 cm untuk ukuran ayam Jantan rata rata 4 – 5,5 Kg untuk ukuran ayam betina antara 3 – 3.5 Kg namun banyak juga yang lebih besar dari berat rata rata, Pegangan mberang / Prahu , Badan terkesan sangat panjang. Ayam Mangon punya pukulan yang sangat keras rata rata mengarah ke kepala lawan terkadang ada ketip bulu sehingga yang di patuk tidak hanya kepala namun juga punggung dan leher.Untuk teknik rata rata kontrol aktif sangat cepat ( Tempel pukul ) namun ada pula yang berteknik ala Bangkok peluk kanan kiri , ngalung , bongkar sayap dll .Ayam Mangon mempunyai mental yang sangat bagus dan pantang menyerah dalam sebuah pertarungan hanya saja pada saat remaja ayam baru berani ayam sekitar umur 8 -9 bulan namun ada juga yag lebih awal.

Trend Ayam aduan sekarang ini telah mengalami suatu perubahan kemajuan yang sangat besar. Dimana berhasil diciptakan ayam aduan dari berbagai jenis genetika yang benar-benar hebat & tangguh. Adalah ayam dari genetik Burma mix Bangkok atau yang lebih dikenal dengan Pama, sekarang di negeri Siam telah terbukti menjadi yang terbaik. Dari gen inilah telah banyak di lakukan perkawinan silang (crossbreeding) dengan gen ayam Thai, Saigon / ganoi, Pakhoe, Brazilian, yang menghasilkan berbagai jenis seperti ayam Magon (pama-saigon), MaThai (pama-thai) dan nama-nama lain. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang bisa dibilang unik dimana tingkat akurasi/ ketepatan pukulannya sangat tinggi. Pukulannya yang keras & cepat selalu mengenai bagian kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik, dimana banyak sepak (Tembak / mranggal) dan devensif susah masuk belit selain tidak makan pancing (Lock) telah banyak menyebabkan ayam dari jenis Bangkok (Thai) yang terkenal dengan super lock harus sering tersungkur di dalam gelanggang. Evolusi Pama telah berlaku di Thailand di mana hampir 90% darah ayam Aduan mereka yang masuk arena gelanggang aduan di sana kini merupakan turunan dari darah ayam Pama.

Agar dapat mengenal lebih jauh mengenai ayam magon ini berikut ciri ciri ayam magon. Ciri ciri ayam magon yang pertama yaitu memiliki bulu ayam yang lebat. Berbeda dengan indukannya yang botak yaitu ayam Saigon. Satu satunya yang masih ia warisi dalam hal penampilan adalah warna bulu kurang menarik dari indukannya.Warna bulu dari ayam ini cenderung gelap yaitu merah, hitam, blorok, abu-abu dan lain-lain. Walupun warna bulunya kurang menarik, masalah bertarung ayam jenis ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Selain dari penampilan anda juga dapat mengenali jenis ayam ini dari tulangnya. Tulang ayam magon cukup besar dan kasar. Bobot berat ayam magon tergolong besar yaitu sekitar 3 kg. Menurut cerita yang beredar di arena sabung ayam Thailand, ayam magon dikatakan dapat mencapai berat 5kg.Selain berdasarkan bulu, berat badan dan tulangan anda juga dapat melihat kaki dari ayam mangon Thailand ini. Ayam magon memiliki ciri ciri khusus pada bagian kakinya. Kaki ayam magon cukup besar dan mempunyai sisik yang kering. Warna kaki dari ayam tersebut juga cenderung gelap seperti warna bulunya.Sekian penjelasan kami mengenai Kelebihan Ayam Mangon Thailand Dalam Pertandingan. Semoga artikel ini dapat menghibur para pembaca dirumah.

Menurut informasi ayam Mangon sebenarnya ayam new release dari bangkok, awalnya ayam tersebut khusus untuk melawan Burma. karena untuk ukuran kelas di bawah 3 kg Burma di kalangan di bangkok hampir tidak terkalahkan, maka ayam burma di juluki hoe=setan oleh peternak di bangkok membuat trah baru yang terdiri dari 4 darah (bangkok, burma, Saigon, Brazil) yang setelah direlease ternyata hampir selalu mampu mengalahkan ayam Burma, maka di sebut Mangon = pemukul setan. Dengan ciri khas antara lain :

1. Memiliki kecepatan yang bagus. ( Menyesuaikan Ayam Birma yang rata – rata cepat)
2. Arah Serangan Ke Badan.(Ayam Birma mempunyai tulangan yang tipis)
3. Jika ada jarak keluarkan pukulan sawat / timpuk / tipam / gombel / pranggal. (Senjata Utama menyerang Birma yang selalu jaga jarak)
4. Pukul berat. (Ayam Birma tidak kuat menerima pukul berat kearah badan)
5. Selalu masuk mendekati lawan dari bawah (sangat rendah sehingga saat mendekat sulit di pukul sawat / timpuk / tipam / gombel).
6. Terkadang ada yang mau mematuk lawan di semua bagian tubuh. (Karena kepala ayam birma cepat dan sulit di patuk)

Related posts